Tes koneksi dengan Utillity ping

Written By Abdul Wakhid on 25 September 2010 | 20.12.00

Ping (kadangkala disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.pada.

Pada OS Windows ping dapat kita lakukan dengan cara mengetikkan ping<spasi>alamat ip tujuan. contoh : “ ping 192.168.4.1 “.

Nah, setelah anda melakukan ping anda akan medapat balasan atau output dari perintah ping yang anda ketikkan di commen promt, salah satunya sebagai berikut ;

reply from 192.168.4.1 : bytes=32 time<1ms ttl=128

bytes=32 time<1msTTL=128
Bytes menunjukkan besar request packet yang dikirimkan.Time menunjukkan nilai “round trip delay” (disebut juga sebagai delay atau latency) yang menunjukkan waktu yang diperlukan packet yang anda kirimkan untuk mencapai komputer yang dituju. Nilai ini dihitung dengan membagi dua selisih waktu PING packet mulai dikirimkan dengan waktu response dari PING packet diterima.
Sedangkan TTL merupakan nilai “Time-To-Live” yang digunakan untuk mencegah adanya circular routing pada suatu jaringan. Dengan mengurangi nilai TTL awal yaitu 128 dengan nilai TTL akhir maka bisa dihitung banyaknya hop yang dilalui dari komputer asal ke komputer tujuan. Setiap kali packet PING melalui sebuah ip address maka nilai TTL nya akan dikurangi satu. Sehingga jika TTL mencapai nilai nol, PING packet akan di-discard / di-drop dan hasil PING menunjukkan : "TTL expired in transit".

Requst Time Out

Requst Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi) antara lain karena, RTO (request time out) penyebabnya bermacam-macam antara lain:

1. Utilisasi/pemakaian bandwidth sudah penuh. solusi harus upgrade kecepatan.
2. Kualitas akses jaringan (wireless/wireline) kurang bagus.
3. website yang dituju memiliki delay yang tinggi, sehingga ping timeout.
4.Koneksi ke IP tersebut putus, atau
5. Port di komputer tersebut ditutup.

Destination unreachable / reply destination uncreachable

Destination unreachable, terjadi jika host, jaringan, port atau protokol tertentu tidak dapat dijangkau. Komunikasi di jaringan tergantung dari beberapa kondisi yang ditemui.

Solusi :

1. Periksa, peralatan apa yang hendak diakses, apakah compatible
2. Apakah softwarenya sudah di-install
3. Bila eksternal, setting lokalnya apa sudah benar (ID)
4. Apakah yang dituju sudah siap?
5. Apakah hubungannya sudah benar?
6. Apakah peripheral komunikasi kompatible (speed, ID, metode)

Semoga membantu, bagi yang mau menambahkan atau yang mau koreksi tulis di koment ya… :D

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !