Sedikit mengenalan SQL, SQL dan MySQL

Written By Abdul Wakhid on 6 April 2011 | 18.21.00

imageTentu, rekan-rekan sudah mengenal si SQL ini, kalau belum baca dulu gan yang ini he.. he.. Open-mouthed smile

SQL (Structured Query Language) merupakan sebuah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

sedangkan MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.

MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing.

MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

nah, itu lah SQL dan MySQL, karena SQL merupakan sebuah bahasa pemrograman maka, sudah tentu memiliki sintax atau kalau istilah SQLnya “Data Definition Language” he.. Open-mouthed smile

Berikut merupakan contoh dari “Data Definition Language” dari SQL, Open-mouthed smile

CREATE

CREATE digunakan untuk membuat basis data maupun objek-objek basis data. SQL yang umum digunakan adalah:

  • CREATE DATABASE digunakan untuk membuat sebuah basis data baru.
  • CREATE TABLE digunakan untuk membuat tabel baru pada basis data yang sedang aktif. Secara umum, perintah ini memiliki bentuk

SELECT

SELECT adalah perintah yang paling sering digunakan pada SQL, sehingga kadang-kadang istilah query dirujukkan pada perintah SELECT. SELECT digunakan untuk menampilkan data dari satu atau lebih tabel, biasanya dalam sebuah basis data yang sama. Secara umum, perintah SELECT memiliki bentuk lengkap: ( QUERY BUDIN ) Cilegon.

INSERT digunakan untuk menyimpan data dalam tabel dipergunakan sintaks:

INSERT INTO [NAMA_TABLE] ([DAFTAR_FIELD]) VALUES ([DAFTAR_NILAI])

Contoh:

INSERT INTO TEST (NAMA, ALAMAT, PASSWORD) VALUES ('test', 'alamat', 'pass');

nah itu, beberapa contoh dari “Data Definition Language” dari SQL,  Open-mouthed smile


untuk lebih lengkap silahkan baca disini atau disini. Open-mouthed smile


Semoga membantu thanks2

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !