Belajar Membuat Web Server di Linux Ubuntu 10.04 LTS (Bukan Server Edition)

Written By Abdul Wakhid on 15 Desember 2010 | 02.44.00

Mungkin teman – teman yang sering bermain – main dengan php udh gk asing lagi dengan yang namanya web server, wamp atau xampp yang berjalan di SO windows.

Kali ini akan saya coba untuk membuat web server di LINUX UBUNTU 10.04 LTS di VMware / VirtualBOX. Lasung aja kita mulai. Sarat wajibnya.. ubuntunya harus udah terkoneksi ke internet ya, Smile with tongue out.., sebenernya anda dapat langsung menggunakan OS Ubuntu Server untuk lebih mudahnya.., tapi kalau mau pake yang dekstop juga gak pa2… Smile with tongue out.

Untuk membangun sebuah webserver, sebenarnya kita tinggal menginstall Apache, Mysql dan PHP., woke.. langsung aja kita mulai perang.. he.. he… Open-mouthed smile pertama pastikan anda sebagai root (super user)

1. Melakukan Installasi Apache

Jalankan perintah berikut :

root@mail# apt-get install apache2

tunggu sampai proses installasi selesai, kemudian jalanka Apache dengan perintah ;

root@mail# /etc/init.d/apache2 restart

Buka webrowser dan ketikkan localhost jika muncul seperti gambar dibawah berarti proses installasi berhasil ;

image

2. Melakukan Installasi Mysql

Jalankan beberapa perintah berikut ;

root@mail# apt-get install mysql-server

root@mail# apt-get install libapache2-mod-auth-mysql

root@mail# apt-get install php5-mysql

3. Melakukan Installasi php

Jalankan perintah berikut ;

root@mail# apt-get install php5

root@mail# apt-get install phpmyadmin

=====================

* nah folder webservernya ada di “ /var/www/ “ <—folder ini identik seperti folder htdocts di windows kalau anda sedang bermain XAMMP.

Untuk koneksi Mysqlnya dapat anda cek dengan file tes.php yang tentunya ada letakkan di directory server, misal dengan scip sebagai berikut ;

<?php
$test=mysql_connect(”localhost”,”mysql”,”");
if(!$test)

{
print “OH No, Koneksi Gagal”;
}
else
{
print “OK, Koneksi Behasil”;
}
?>

====================

coba anda akses diwebrowser anda, misal dengan mengetikkan localhost/tes.php

-- > Jika keluar OK, Koneksi Behasil > maka "Koneksi berhasil!!!"
-- > Jika keluar OH No, Koneksi Gagal > maka "Koneksi gagal!!!"

#######################

Nah dah jadi server-server’annya kekkeeek…, Smile with tongue out tinggal konfigurasi ja agar bisa diakses dari luar. he.. he.. Hot smile

 

[ semoga bermanfaat  Open-mouthed smile ]

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Kak., kalau web router gimana ?? bingung ni..

Abdulmail mengatakan...

maaf, kalau web router saya belum nyoba,, tapi dicoba aja. sepertinya kalau web router enaknya tinggal seting nat+managemen banwidth, mirip seperti mikrotik.. :D

::Terimakasih sudah mampir.. :)

Anonim mengatakan...

mas, dah tak install di Vmware.., tapi kok q ping google.com kagak bisa.. ! gimana mas.., padahal ni laptop dah konek.. tapi vmwarenya kok gak konek..., :(

mohon bantuannya mas..

Abdulmail mengatakan...

coba di cek. interface di vmwarenya..., ip & dns di otomatic ja..., trus os di vmware coba setingan ipnya di DHCP saja.., ok semoga membantu...


eh.. interfacenya biasanya pake yang nat8 tu...

:: Terimakasih telah berkunjung :D

Anonim mengatakan...

susah gak sih bikin ubuntu server.. ???

Abdulmail mengatakan...

Dicoba saja mbak/mas... :D

:: Terimakasih telah berkunjung

Chandra mengatakan...

Kalo ngoneksikan Windows dengan mysql di vmware Linux gmn?? tau caranya ndak??
aku bingung cari ip localhostnya biar bisa koneksi..

Muh Abdul Wakhid mengatakan...

bisa mas, localhostnya ipnya diganti sama ip vmwarenya,, atau langsung kamu panggil ip vmware nya di webrowser..

Posting Komentar

Don't Spam Please !