Cek Kerusakan Monitor Komputer atau Laptop

Written By Abdul Wakhid on 25 Mei 2011 | 05.29.00

imageMungkin teman-temen pernah merasa monitor komputer atau laptop yang anda pakai agak sedikit berbeda dengan biasanya. he.. he.. Open-mouthed smile.

Untuk melkukan cek kondisi monitor kita kita dapat menggunakan utillity gratisan yang bernama Defpix.

Defpix, sesuai namanya adalah sebuah perangkat lunak gratis bervolume kecil yang sangat berguna untuk membantu kita mencek atau mendeteksi secara dini apakah monitor kita dalam keadaan rusak atau tidak.

Tanda-tanda awal kerusakan monitor terutama sering dialami di perangkat laptop adalah warna tiba-tiba muncul banyak warna pink. Mungkin software yang bisa checking broken pixel ini akan bisa bantu sehingga kita bisa mencegah kerusakan lebih parah terhadap LCD ataupun CRT monitor kita dengan memasang screensaver yang bisa diset waktunya lebih cepat dari biasanya.

Cara mendeteksi kerusakan warna di monitor pada program ini adalah menampilkan warna-warna seperti “red, green, blue, white and black”. Jika terjadi ketidakseimbangan, mata monitor (display layar LCD) anda dalam masalah.

Berikut ini adalah beberapa tipe pixel yang rusak:

  • Hot pixels (always on).

Pada umumnya stuck pixel sering diistilahkan sebagai dead pixel atau dot pixel. Sebenarnya kedua istilah itu memiliki pengertian yang berbeda. Istilah dead pixel lebih banyak dipakai sebagai kasus yang menggambarkan cacat berupa dot pixel pada layar LCD.

Karena sebagian besar kasus ini secara visual tampak sama yakni ditemukan adanya cacat berupa titik atau dot pada layar LCD, maka hingga saat ini setiap orang bervariasi dalam menyebut istilah ini sebagai dead pixel maupun dot pixel. Istilah Dot pixel sendiri mengacu pada sebuah masalah yang terjadi pada layar LCD, yang berarti defect atau cacat berupa titik (dot) pada layar tersebut.

Secara teknis, dead pixel pada LCD Monitor pada beberapa kasus sulit untuk diperbaiki. Baik itu secara software maupun non software (manual). Stuck atau dead Pixel terjadi pada saat proses produksi LCD dimana pada saat pembuatannya sangat sulit untuk menemukan produk-produk mana yang mengalami defect / cacat meskipun telah melalui sebuah proses quality quality control.

Kejadian ini baru diketahui setelah LCD tersebut menjadi bagian sebuah produk utuh (seperti Notebook, LCD Monitor, TV Plasma). Secara prosentase, jumlah produk yang mengalami masalah ini tergolong kecil sehingga tetap bisa diterima oleh standar industri dunia pada level tertentu.


Kasus dead pixel terjadi apabila salah satu pixel atau subpixel mengalami masalah. Ada 3 istilah yang dikenal dan ini cukup untuk menjelaskan apa sesungguhnya dead pixel itu sendiri:

  1. Kasus dimana terdapat pixel yang selalu tampak menyala, menampilkan warna putih pada background berwarna hitam dan bersifat tidak dapat mati. Ini di-istilahkan dengan hot pixels. Pada banyak kasus, hot pixel sulit ditangani secara hardware maupun software.
  2. Kasus dimana terdapat pixel yang selalu menampilkan titik berwarna hitam (mati total) pada background berwarna putih. Ini di-istilahkan dengan dead pixels. Pada banyak kasus, dead pixel sulit ditangani secara hardware maupun software.
  3. Kasus dimana terdapat pixel yang selalu menyala dan menampilkan warna-warna RGB (merah, biru dan hijau). Ini di istilahkan dengan stuck pixels. Pada beberapa kasus, stuck pixel masih bisa ditangani secara hardware maupun software.
  • Dead pixels (always off).

Dead Pixel adalah pixel yang "tidak menyala" atau tidak aktif sehingga menyebabkan adanya spot atau titik di layar LCD yang cukup mengganggu bila Dead Pixel terlalu banyak jumlahnya.

Nah, untuk menghindari masalah pixel yang mati (dead pixel), anda dapat menggunakan 2 cara sederhana (secara online) untuk mengetes dan (mungkin) bisa memperbaiki dead pixel.

www.killdeadpixel.com

Web yang satu ini akan memperbaiki dead pixel yang terjadi di layar LCD dengan cara yang cukup sederhana yaitu cukup men-"drag" gambar yang berkedip yang terdapat di web tersebut ke bagian yang ada dead pixelnya dan biarkan selama kurang lebih 1 jam. Walaupun tidak semua dead pixel dapat diperbaiki tetapi tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini.

Dead Pixel Test

Web ini dapat mendeteksi dead pixel apabila ada. Cara ini cukup efektif untuk mengindari anda mendapatkan monitor LCD yang ada dead pixelnya tetapi mungkin yang menjadi kendala, tidak semua toko komputer di Indonesia yang mempunyai koneksi internet.

Alternatif lain, mungkin anda bisa membuat perjanjian dengan si penjual untuk mencobanya di rumah (dengan koneksi intenet) dan bila terdapat dead pixel, si penjual memperbolehkan anda untuk menggantinya dengan yang baru.

  • Stuck pixels (one or more sub-pixels are always on or always off).

Stuck pixel kerap terjadi pada LCD yg menggunakan thin fi lm transistor (TFT). Kejadian ini disebabkan oleh malfungsi dari transistor dalam mendistribusikan cairan kristal pada liquid crystal display (LCD). Sehingga warna pada pixel tidak dapat ditampilkan (stuck).

Selain metode-metode diatas, ada juga metode-metode purba yang sering digunakan dalam masalah ini, he.. he,, Open-mouthed smile yang antara lain adalah sebagai berikut ;

Metode paling purba adalah dengan cara menekan stuck pixel dengan menggunakan jari. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai layar menjadi lecet atau tergores permanen. do it with your own risk.

Metode tekanan. Matikan monitor lalu letakkan semacam kain tipis dan lembut pada layar untuk melindungi dari goresan. Letakkan diatas layar dimana terdapat stuck pixel lalu tekan (dengan lembut) dengan menggunakan semacam pen dengan ujung tumpul. Jangan menekan bagian yang tidak terdapat stuck pixel karena bias jadi pixel-pixel di layar menjadi lebih parah lagi. Lalu nyalakan Monitor.

Metode Offline, dengan menggunakan bantuan software semacam UDpixel yang dapat di download di :  http://udpix.free.fr/

Install software UDPixel (Undead Pixel) pada computer. Setelah terinstall jalankan program dan klik Start. Setelah itu arahkan mouse pada desktop background lalu klik pada background sampai muncul titik yang berkedip-kedip. Arahkan titik tersebut dengan menggeser mouse ke lokasi dimana terdapat stuck pixel. Tunggu sampai 5 – 30 menit. Stuck Pixel teratasi.

Metode Online, dengan menggunakan bantuan software JScreenFix dijalankan secara online. Jadi software ini hanya bias dijalankan pada saat online saja : http://www.jscreenfi x.com/

:: Semoga bermanfaat !

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !