Microsoft Security Essentials (MSE) versi 2

Written By Abdul Wakhid on 1 Desember 2010 | 20.23.00

imageSedikit berbagi info, belum lama ini Microsoft merilis salah satu produk gratis dalam hal keamanan (security), Microsoft Security Essentials v2 (MSE). Produk antivirus ini cukup lama bertahan di versi 1, dan kini dengan dirilisnya versi 2 ini terdapat beberapa tambahan fitur serta peningkatan performa dibanding versi sebelumnya. Selain gratis untuk penggunaan pribadi, juga gratis untuk bisnis/usaha yang mempunyai PC sampai 10 buah.

Microsoft Security Essentials (MSE) merupakan produk keamanan untuk proteksi PC atau komputer dari berbagai macam, virus, spyware dan software berbahaya lainnya. MSE gratis kita download dan digunakan serta mudah untuk di install. Fitur auto update dan real time protection lebih memastikan akan keamanan komputer.

Di versi 2 ini, terdapat beberapa tambahan dan peningkatan kinerja. Dari informasi yang ada di Help file program ini, beberapa fitur penting dan perbaikannya antara lain sebagai berikut :

  • Windows Firewall Integration, fitur untuk mematikan atau mengaktifkan windows Firewall
  • Network Inspection System, merupakan fitur proteksi real time dengan memeriksa trafik jaringan untuk membantu dalam proses mem-blok proses berbahaya yang berbasis jaringan
  • Protection Engine yang di perbarui dan di tingkatkan

image

Beberapa penjelasan Fitur

Windows Firewall dana membantu mencegah serangan dari luar atau software berbahaya mengakses komputer kita dari jaringan atau internet. Dengan MSE pada installasi awal, akan diperiksa apakah Firewall komputer aktif, pengaturannya dapat di cek melalui Control Panel.

Network Inspection System. Dengan banyaknya serangan berbasis jaringan (network), apalagi dengan celah keamanan komputer yang semakin lama semakin banyak, maka fitur ini akan memastikan dan memonitor trafik jaringan secara real time (terus-menerus) untuk menghasilkan proteksi jaringan yang terbaik.

Microsoft menyatakan bahwa MSE diupdate secara reguler dan di backup oleh tim Antimalware Microsoft ( Microsoft Malware Protection Center) yang memberikan respon terhadap ancaman malware terbaru 24 jam sehari. Selain beberapa fitur diatas, sepertinya Microsoft juga menambahkan beberapa pengturan yang ada di menu Settings.

image

Bagi anda yang sudah menggunakan MSE versi 1, sampai saat ini sepertinya belum ada fitur auto update, sehingga jika ingin menggunakannya harus download installer yang berukuran cukup kecil, sekitar 7.5- 9.5 MB ( tergantung Windows yang digunakan). Install saja langsung untuk mengupdate MSE menjadi versi 2.

Support, Update Kebutuhan dan Catatan lain

MSE dapat berjalan di Windows XP, Vista dan juga Windows 7, baik sistem operasi 32 bit maupun 64 bit. Satu hal yang perlu dicatat bahwa MSE ini diperuntukkan bagi pengguna Windows Original (asli), sehingga bagi yang belum menggunakan Windows Original, mungkin harus menggunakan Antivirus lainnya, semisal Avira atau Avast.

Meskipun ukuran installasi sangat kecil, sekitar 7.5 MB ( di windows XP), tetapi setelah di install, MSE memerlukan update definisi antivirus untuk pertama kalinya. Koneksi internet diperlukan untuk update otomatis. Setelah saya coba install, update otomatis dan periksa, besar ukuran update untuk pertama kali setelah install sekitar 62 MB. Update juga bisa diakukan secara manual, kita tinggal download file exe, dengan memilih update versi 32bit atau update 64 bit). Ukuran update sekitar 58 MB.

Seperti hanya Avira, salah satu hal yang saya sukai dari MSE adalah tidak begitu memperberat kinerja komputer (pengalaman ketika menggunakan versi 1). Semoga versi 2 ini juga tetap ringan dan tidak memperberat kinerja komputer.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

MSE kalau diwindows xp gimana mas ? kagak support ya.. :(

Abdulmail mengatakan...

bisa, mas/mbak..
kemarin saya coba install bisa kok.., silakan dicoba lagi.. he.. he.. :D ntar di share sini ya.. :D

:: Terimakasih sudah berkunjung

Posting Komentar

Don't Spam Please !