Tutorial Instalasi OpenSUSE 10.2

Written By Abdul Wakhid on 28 November 2010 | 19.37.00

imageBagi temen-temen yang sedang mencari tutorial Instalasi OpenSUSE 10.2, mungkin panduan ini dapat sedikit membantu Open-mouthed smile. Bagi temen-temen yang belum mengenal dengan openSUSE, akan sedikit saya jelaskan. OpenSUSEE  yang sebelumnnya bernamma  SUSE Linux  dan  SuSE Linux Profofessional,  adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannnya.

Ok. seperti installasi OS pada umumnya kita atur terlebih dahulu setingan bios komputer kita agar booting yang pertama kali dibaca adalah DVD Instalasi OpenSUSE 10.2.

Berikut penampakan step by stepnya ;

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Pertama kali yang kita buat adalah partisi untuk /.
Pada gambar berikut, pilih :
- Mountpoint  : /
- Filesystem  : Ext3 (default)
- Start Cylinder : 0 (default)
- End   : +XXGB

Untuk End, Jika kita ingin memberikan 40 GB pada partisi root, ketikkan +40G atau +40GB. Setelah selesai, klik OK dan ulangi untuk partisi lain. Khusus untuk partisi swap, kita tidak perlu melakukan setting mount point karena akan secara otomatis dibuatkan saat kita mengganti FileSystem = Swap.
 
Jika melakukan setting untuk server dan memiliki kapasitas disk dalam jumlah besar atau disk lebih dari 1, kita dapat memisahkan partisi home dengan partisi / dan partisi lainnya. Untuk sementara kita gunakan 3 partisi standar, yaitu /, home dan swap.
 
Berbagai literature menyarankan agar partisi untuk / kecil saja namun berdasarkan pengalaman pribadi, kita bisa sengsara :-P kalau memberikan partisi / dengan kapasitas yang terlalu kecil. Partisi non root dapat dengan mudah kita perbesar dan  perkecil namun  partisi  root  jauh  lebih  sulit.  Jika saya memiliki harddisk 40 GB, saya akan berikan partisi root sebanyak 30 GB, partisi swap sebanyak  1.5x RAM dan sisanya untuk Home. Formasi ini berlainan jika saya menggunakan partisi khusus untuk /opt atau /var atau partisi lainnya, namun yang jelas 70 hingga 80% kapasitas akan saya berikan untuk folder /.
 
Jika menginginkan partisi dalam bentuk lain, silakan sesuaikan dengan apa yang
diinginkan.

image

image

Setelah selesai melakukan setting partisi, klik Accept. Kita akan kembali ke menu awal.

image

image

image

image

image

image

image

Pilih skip saja Open-mouthed smile

image

Akhirnya, tahapan instalasi selesai sudah. OpenSUSE menampilkan halaman release notes yang berisi informasi tentang OpenSUSE dan beberapa informasi penting jika melakukan instalasi ini. Apakah sudah selesai, eit tunggu dulu. Klik Next dan kita akan melakukan deteksi hardware. Lucu juga memang si OpenSUSE ini. Kira-in dah selesai.

image

Pilih lagi skip saja Open-mouthed smile

image

image

Udah, begitu saja caranya. Gampang kan., sory kalau penjelasannya kurang lengkap. lagian enakan lihat gambarkan. he.. he… Open-mouthed smile.

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !