Ubuntu Gnome 3 - Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot

Written By Abdul Wakhid on 1 Oktober 2011 | 02.23.00

oneiric-ocelotUbuntu 11.10 dengan codename Oneiric Ocelot, dimana kata Oneiric berasal dari kata yunani "Oneiro" yang artinya Mimpi, Sedangkan kata "Ocelot" adalah sejenis hewan liar yang hidup nocturnal di benua amerika tengah dan selatan. Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot dijadwalkan akan release pada tanggal 13-Oktober-2011.

Beberapa kesepakatan untuk Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot tercatat ada 9 Fitur yang akan diupdate diantaranya adalah:

  1. Memperbaiki tampilan Unity
    Dilaporkan bahwa Unity cukup memuaskan pengguna Ubuntu Natty Narwhal, namun ada juga permintaan untuk penambahan kualitas seperti misalnya Ubuntu Unity Launcher lebih ditingkatkan mutu quicklistnya, juga ada penambahan progres meter atau jumlah aplikasi yang sedang dijalankan dalam ikon-ikon tersebut. Sebagaimana yang dilaporkan The H.
  2. Software Email
    Secara default aplikasi untuk membuka email POP, atau IMAP dalam Ubuntu disertakan Evolution yang bisa langsung digunakan. Dalam perdebatan ini ada usulan untuk menggantikan dengan Thunderbird keluaran Firefox. Menjadi catatan serius dalam ulasan ini.
  3. Tanpa LibreOffice
    LibreOffice menjadi sorotan karena menghabiskan ratusan megabit dalam installer iso Ubuntu, menjadikan pertimbangan apakah tidak usah disertakan dalam rilis bentuk keping CD namun untuk keping DVD kemungkinan masih bisa diakomodasi, masih debatable. Beberapa saran mengusulkan untuk menjadikan Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot Installer berjumlah 2 keping CD.
  4. GNOME3
    Webupd mengusulkan untuk mengusung GUI GNOME3 dalam tampilan desktop Ubuntu 11.10, sementara untuk komputer baru namun spesifikasi rendah menggunakan Compiz daripada Metacity menggantikan Unity yang berbasiskan Qt. Hal ini karena GNOME klasik sudah akan ditinggalkan. 
  5. Computer Janitor dan Pitivi akan dihilangkan.
    Webupd juga memberikan laporan bahwa Computer Janitor dan Pitivi lebih sering bermasalah, crash dan memiliki bug yang lebih banyak. Banyak laporan lainnya konfirm dengan hal ini, bahwa Computer Janitor dan Pitivi akan didrop dari Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.
  6. Firefox atau Chromium?
    Muktware melaporkan bahwa asih diperdebatkan untuk memasukkan Google Chromium sebagai browser bawaan di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot menggantikan Mozilla Firefox.
  7. Déjà Dup
    Webupd8 juga menyarankan backup tool online untuk menyimpan sandi, data, maupun konfigurasi sistem, repository ataupun list aplikasi di Déjà Dup.
  8. Ubuntu Software Center
    Banyaknya aplikasi yang penting pada Ubuntu Softare Center mengharuskan untuk meningkatkan performa dan menyederhanakan akses tampilan pada Unity. Tercatat dalamsoftware blueprints Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot. 
  9. LightDM
    Menggantikan GDM, GNOME Display Manager, Ubuntu Oneiric Ocelot akan menggunakan Display Manager yang lebih ringan dan cepat yaitu LightDM, bahkan layar login akan bisa diubah dengan CSS, HTML ataupun Javascript.

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot akan memberikan pengalaman baru untuk mencoba desktop manager baru yaitu gnome 3, yang telah diadobsi oleh distro fedora pada waktu lalu, Nah pada Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot ini ada juga fitur-fitur yang baru yang akan di update/upgrade Smile dan ada juga bebearapa fitur yang akan dihilangkan. Sad smile Berikut beberapa fitur-fitur yang baru dan fitur yang dihilangkan dari Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

Fitur yang baru di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

  • Kernel baru yakni dengan kernel 3.0 (maknyuss)
  • Desktop Environment : Gnome 3 (default), ada pilihan ubuntu classic, dan Unity 2D utk komputer low-end.
  • Toolkit X-Window : GTK 3
  • X Windows System : X.Org 1.10
  • Filebrowser : Nautillus 3
  • Phyton : update ke versi 2.7 – 3.2

Fitur baru dari Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

  • Mozilla Thunderbird sebagai email client akan menggantikan Evolution
  • Aplikasi Deja Dup, merupakan salah satu tools backup online, tetapi masih menunggu proses integrasi dengan Ubuntu One.
  • Peningkatan performa Ubuntu Software Center, dengan penambahan review dan fungsi rating
  • Perbaikan Unity, dimungkinkan akan ada peningkatan quick list Ubuntu Unity Launcher dan software sejenis yang direkomendasikan.
  • Artwork baru
  • Compiz based 3D

Tapi sayang ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan beberapa pertimbagan, tapi jangan kawatir kita bisa mengintallnya lagi kok Open-mouthed smile 

Fitur yang akan dihilangkan di Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.

  • PiTivi, karena banyak yang tidak menggunakan
  • Evolution, kemungkinan email client ini akan digantikan Thunderbird.
  • Synaptic Package manager, akan dihilangkan, tetapi bisa kita install lagi melalui Ubuntu Software Centre jika masih diperlukan.
  • GDM (Gnome Display Manager), akan digantikan dengan LightDM (lightweight Display manager), dengan alasan lebih ringan dan bisa dikustomisasi
  • Computer Janitor, diduga banyak bug dan sering crash.

Gimana ? tertarik, ditunggu aja. atau kalau memang sudah ngebet dicoba aja yang beta dulu Open-mouthed smile.

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !