Beberapa Distro Linux Untuk Penetration Testing

Written By Abdul Wakhid on 30 Januari 2011 | 16.37.00

HackingPenetration Testing (pentest) adalah sebuah tes penetrasi, kadang-kadang pentest, adalah sebuah metode untuk mengevaluasi keamanan sistem komputer atau jaringan dengan mensimulasikan serangan dari sumber jahat (Cracker).

Proses ini melibatkan analisis aktif dari sistem untuk setiap kerentanan potensial yang dapat hasil dari konfigurasi sistem yang buruk atau tidak layak, baik hardware dikenal dan tidak dikenal atau kelemahan perangkat lunak, atau kelemahan operasional dalam penanggulangan proses atau teknis.

Analisis ini dilakukan dari posisi penyerang potensial dan dapat melibatkan eksploitasi aktif dari kerentanan keamanan. Setiap masalah-masalah keamanan yang ditemukan akan disajikan kepada pemilik sistem, bersama dengan penilaian dampak, dan sering dengan proposal untuk mitigasi atau solusi teknis. Tujuan dari tes penetrasi adalah untuk menentukan kelayakan suatu system keamanan.

onion53Terkadang untuk melakukan Penetration Testing, seorang administrator menggunakan system operasi khusus. Berikut beberapa distro linux yang dapat digunakan untuk melakukan Penetration Testing ;

back|track

imageBacktrack adalah salah satu distro yg diakui sejak kemunculannya di tahun 2006 sebagai operation sistem the best security and hacking.  So backtrack adalah OS yg utama bagi dunia hacker underground,,backtrack adalah OS pilihan terbaik…. krn OS ini adalah OS yg dilengkapi 300 lebih senjata hacking yg compatible, alias blm ditemukan penangkalnya.. Backtrack memang support untuk aktivitas hacking. Hampir semua fitur terutama tools yang terdapat dalam backtrack dapat mendukung proses hacking, dan cakupannya luas.

Mulai dari scanning, enumeration, exploitation, forensics, reverse engineering, wireless hacking, dsb. Tiap bagian pun masih diperluas misalnya untuk scanning, ada scanning system, scanning web, scanning via google, dsb. Semua ini kita dapatkan dalam satu distro, dimana kita tidak perlu lagi download, compile, mencari dependency paket. Kita cukup install dan gunakan. Sangat efisien.

GnackTrack

image

GnackTrack merupakan distribusi Linux yang dirancang untuk Penetrasi Pengujian/ GnackTrack dikembangkan dari distro linux Ubuntu. Meskipun ini terdengar seperti BackTrack, tapi GnackTrack bukanlah BackTrack hal ini sangat jelas karena GnackTrack menggunakan dekstop manager GNOME!

NodeZero

image

NodeZero adalah linux berbasis Ubuntu dirancang sebagai sebuah sistem lengkap yang juga dapat digunakan untuk pengujian penetrasi. NodeZero menggunakan repositori Ubuntu sehingga sistem kita akan selalu up to date. Pengaturan sistem dasar dan itu terutama dirancang untuk instalasi disk dan kustomisasi yang Anda inginkan.

Dalam NodeZero ada sekitar 300 alat untuk uji penetrasi dan mengatur pelayanan dasar yang dibutuhkan dalam pengujian penetrasi.

Network Security Toolkit (NST)

image

Network Security Toolkit (NST) adalah adalah bootable live CD yang berbasiskan dari Fedora 13. Toolkit ini didesain untuk memberikan kemudahan untuk mengakses aplikasi opensource network security. Tujuan utama pengembangan toolkit ini adalah untuk menyediakan administrator keamanan jaringan dengan seperangakat set alat keamanan jaringan open source yang komprehensif .

NST 13 (versi 2.13.0) yang didasarkan pada Fedora 13 menggunakan kernel Linux 2.6.34.7. rilis ini menitikberatkan pada pembangunan kerangka kerja untuk geolocation dan rendering entitas jaringan termasuk manajemen dan konfigurasi metode geolocation back-end dan database repositori. Berikut adalah beberapa highlights untuk rilis ini: menciptakan sebuah kerangka kerja untuk geolocating entitas jaringan dengan NST, mengelola dan mengkonfigurasi geolocation metode dan repositori database; geolocate host ditemukan oleh ntop; geolocate percakapan alamat IPv4 dari capture paket jaringan.

Disto-distro diatas memang sangat berbahaya jika digunakan oleh orang jahat, tapi asik juga kalua buat main-main kekekkeonion23Setuju ?? onion51

Semoga bermanfaat onion25Terimakasihonion35[3]

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !