Virus,Worm, dan Trojan

Written By Abdul Wakhid on 19 Januari 2011 | 17.50.00

imageSejak setiap komputer terhubung dengan Internet, program-program perusak menyebar dengan cepat. Selain itu, muncul tipe-tipe baru yang belum pernah ada sebelumnya. Batas-batasnya juga sering tidak jelas. Ada program perusak yang sekaligus merupakan virus, worm, dan trojan. Definisi klasiknya sebagai berikut:

Virus: Virus komputer menyebar di dalam komputer dan menjadi aktif ketika sebuah program dijalankan atau komputer di boot. Virus hanya dapatpindah dari satu komputer ke lainnya melalui media seperti disket, CD, atau attachmente-mail. Kebanyakan virus mendeaktivasi fungsi-fungsi penting atau menghapus data.

Worm: Berbeda dengan virus, WORM menyebar secara mandiri melalui jaringan/LAN ataupun Internet. Untuk itu, ia menggunakan alamat-alamatdalam address book program e-mail, atau memanfaatkan celah keamanan Windows. Ia berisi program perusak yang berperilaku seperti virus.

Trojan: Program ini menyamar sebagai aplikasi berguna, tapi tanpa diketahui menimbulkan kerugian. Sasaran: Data-data sensitif seperti nomor kartu kreditatau kode akses untuk online banking. Data-data tersebut dikirimkan ke programmer trojan.

Backdoor: Bagian dari trojan yang membuka "pintu belakang" pada PC sebagai akses untuk hacker. Sebagian hacker bahkan berhasil mendapatkan kendali penuh atas PC dengan menggunakan backdoor ini.

Phishing: Melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli, pengguna diminta memberikan data sensitif seperti kode akses rekening bank. Hati-hatilah, karena bank dan lembaga lainnya tidak pernah meminta data penting semacam itu melalui email. Saatmenggunakan online banking, pastikan alamatnya sama persis dengan yang biasa Anda gunakan.

 

*diperoleh dari berbagai sumber Open-mouthed smile

0 komentar:

Posting Komentar

Don't Spam Please !